Cara Mengendalikan dan Mengatasi Emosi

Selasa, 09 Oktober 2012 | komentar

Emosi adalah ungkapan perasaan seseorang atas sesuatu hal, hal itu dapat datang dari orang lain maupun kejadian-kejadian yang menyangkut dengan dirinya. Tapi kebanyakan orang Indonesia hanya mengaitkan emosi dengan ungkapan marah atau kesal kepada suatu hal, dan jarang sekali mengaitkan dengan rasa senang, sedih dan ungkapan perasaan lainnya.


Emosi

Nah, kali ini kita akan membicarakan emosi yang menurut orang Indonesia kebanyakan, yaitu emosi yang menyangkut dengan rasa marah, jengkel, kecewa ataupun hal lainnya. Memiliki emosi adalah hal wajar dan semua orang juga pernah mengalaminya bahkan semua orang memiliki kadar emosi yang sama, yang membedakannya adalah seberapa kuat anda dapat mengontrol emosi tersebut. Kadangkala seseorang sangat mudah emosi hanya melalui hal sepele yang terjadi padanya oranng yang seperti ini bisa disebut sebagai tempramental, dan ada juga orang yang sangat dapat mengontrol emosi walaupun beberapa hal menimpanya.

Bagi anda yang tak dapat mengontrol emosi dan sangat mudah meledak-ledak, tepat sekali kali ini kita akan membahas cara mengatasi emosi. Berikut hal-hal yang harus anda baca dan wajib anda lakukan:

Atasi Masalah
Untuk mengendalikan emosi anda yang pertama kali harus anda lakukan adalah mengatasi masalah anda. Karena kebanyakan orang yang mudah emosi memiliki masalah yang cukup pelik atau serius sehingga membauat moodnya mudah berubah.

Curhat
Manusia memang diciptakan sebagai makhluk sosial dan tak mungkin dapat hidup sendiri. Oleh karena itu anda harus menceritakan masalah yang anda hadapi kepada orang yang menurut anda dapat memberikan solusi atau bahkan dapat membantu.

Ubah Posisi Tubuh Anda
Jika anda sedang marah dalam keadaan berdiri, maka anda  harus duduk. Jika anda sedang duduk, maka berbaringlah. Ketika anda merubah posisi tubuh, kemudian otak akan meresponnya dan pikiran anda akan jernih kembali.

Coba Berpikir Tenang
Cobalah untuk diam sejenak dan bepikirlah mengapa dan kenapa anda harus marah?  Dan berpikirlah untuk memperbaiki keadaan yang sudah memburuk tersebut.

Cari Tempat Tenang
Sesudah anda memikirkannya, sekarang cobalah ketempat yang menurut anda paling tenang dan nyaman seperti sawah, pantai ataupun kebun. Ini dapat membantu pikiran anda kembali jernih. Jika perlu, bermalamlah beberapa hari agar anda dapat melupakan masalah ataupun mencari solusi masalah anda.

Cari Kesibukan Lain
Untuk melupakan emosi anda, anda harus menyalurkannya ke tempat lain dan pastinya harus hal yang positif.

Olahraga
Olahraga memang terbukuti dapat mengurangi rasa emosi anda  dan ini sudah dilakukan penelitiannya. Cobalah ke tempat fitnes sesekali, jikapun tidak anda juga dapat melakukannya dirumah.

Mendengarkan Musik
Musik sangat ampuh dalam merubah emosi seseorang, cobalah untuk mendengar jenis musik paling nyaman menurut anda ataupun dengarkanlah musik yang berjenis klasik ataupun jazz.

Hindari Stres
Karena kabanyakan orang mengalami emosi akibat dari masalah, masalah tersebut akan menumpuk dan menjadikan anda stres dan akan membuat mood anda tak stabil.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SuratMerpati™ - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger