Cara Mencegah Darah Tinggi

Selasa, 09 Oktober 2012 | komentar

Darah tinggi adalah salah satu penyakit yang berbahaya bagi kelangsungan hidup anda jika tidak segera diatasi dan berlangsung terus-menerus karena dapat menimbulkan berbagai penyakit kronis lainnya, seperti serangan jantung, gagal jantung ataupun stroke. Darah tinggi sendiri diakibatkan oleh meningkatnya tekanan darah secara spontan atau tiba-tiba yang membuat jantung harus bekerja penuh untuk menyeimbangkannya.


Darah Tinggi

Pada orang yang normal tekanan darahnya berkisar antara 100–140 mmHg, sedangkan bagi penderita darah tinggi bisa mencapai 140/90 mmHg atau bahkan lebih.

Nah, setelah kemarin kita membahas cara mengatasi tekanan darah tinggi, kali ini kita akan membahas cara mengatasinya agar tak membuat anda terus menderita penyakit ini. Simak tips-tips berikut ini:

Jaga Berat Tubuh Tetap Ideal
Rata-rata orang yang mengalami darah tinggi atau hipertensi memiliki pola makan yang sangat salah bahkan kadangkala penderita darah tinggi tersebut tak menyadarinya. Usahakan untuk makan makanan yang rendah lemak serta mengandung sedikit kolestrol, dan yang paling penting bagi penderita darah tinggi adalah hindari mengkonsumsi daging-dagingan terutama daging kambing yang sangat terkenal dapat menaikkan tekanan darah anda.

Jikapun tubuh anda sudah terlanjur melar, anda dapat mencoba diet secara sehat yang telah kita bahas sebelumnya, klik disini untuk membacanya.

Perhatikan Pola Makan
Hampir sama dengan tips yang diatas, usahakan makan makanan 4 sehat 5 sempurna setiap hari, tentunya juga yang rendah lemak dan low kolestrol. Anda juga dapat mengganti karbohidrat sederhana seperti nasi dengan karbohidrat kompleks seperti kentang ataupun ketela.

Ubah Gaya Hidup Anda
Rata-rata orang yang mengalami hipertensi punya gaya hidup yang sangat buruk, apalagi jika anda adalah seorang pekerja yang jarang memperhatikan gaya hidup anda sendiri. Ditambah pula jika anda tinggal dikota, mungkin rokok, alkohol ataupun makanan cepat saji adalah hal yang biasa anda konsumsi.

Hindari Stres
Tak hanya dari faktor luar saja penyebab darah tinggi anda, masalah yang terlalu banyak dan sudah menumpuk terlalu membuat anda mudah mengalami stres. Pikiran yang tidak tenang tersebut membuat anda lebih mudah mengalami tekanan darah tinggi.

Olahraga
Olahraga memang sering diabaikan oleh masyarakat saat ini, dengan olahraga dapat membuat tubuh anda lebih bugar serta dapat membuat jantung anda lebih sehat jika dilakukan dengan cara yang benar.

Tidur Cukup dan Berkualitas
Tak hanya tidur yang cukup saja anda juga harus memastikan tidur anda berkualitas seperti adanya gangguan tidur. Usahakan untuk tidur 8 jam dalam sehari.

Hindari Penyakit Akibat Hipertensi
Yang terakhir dan yang paling penting bagi yang sudah pernah mengalami hipertensi adalah untuk menghindari dan mewaspadai penyakit lain yang diakibatkan oleh darah tinggi seperti stroke ataupun serangan jantung yang dapat mengintai anda setiap anda. Caranya dengan mengkonsumsi obat-obatan baik herbal maupun obat yang disarankan oleh dokter serta dengan mengikuti tips-tips diatas.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SuratMerpati™ - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger