Cara Mengatasi Insomnia / Susah Tidur Secara Alami

Selasa, 09 Oktober 2012 | komentar

Cara Mengatasi Insomnia / Susah Tidur Secara Alami - Apakah anda mengalami susah untuk tidur atau biasa yang sering disebut insomnia? bagi yang hanya mengalaminya beberapa kali mungkin masih bisa untuk ditoleransi tapi bagaimana jika sering mengalami salah satu gejala tidur ini, pasti sangat menjengkelkan. Insomnia tak hanya masalah sulit untuk tertidur tetapi termasuk juga sulit untuk mempertahankan tidur, kedua ini adalah hal yang yang selalu dialami penderita insomnia. Orang yang menderita insomnia biasanya juga mengalami sakit kepala, sulit berkonsentrasi dan mudah marah.

Cara Mengatasi Insomnia / Susah Tidur Secara 
Alami


Untuk penyebab insomnia sendiri bisa datang dari beberapa hal, seperti sering bergadang, terlalu banyak mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein, gaya hidup yang tak sehat, dan stres. Untuk penderita insomnia kebanyakan datang dari masyarakat modern yang pada umumnya memiliki gaya hidup yang tak sehat dan tuntutan pekerjaan. Nah, bagi anda yang sedang mengalami insomnia kali ini kita akan membahas Cara Mengatasi Insomnia / Susah Tidur Secara Alami. Simak tips-tips berikut ini:
  • Hindari mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein sebelum tidur seperti kopi dan teh, karena kandungan kafein dapat menstimulasi otak anda tetap waspada dan segar. Hindari juga rokok serta alkohol karena dapat mempengaruhi tidur anda dalam jangka waktu yang panjang.
  • Hindari makan banyak ketika sebelum tidur karena  dapat membuat perut anda terasa tak nyaman, serta hindari juga minum terlalu banyak sebelum tidur karena dapat membuat anda ingin pipis ketika tidur.  Bagi anda yang tak tahan untuk makan, makanlah sedikit saja dan makan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti makanan yang berbahan gandum dan kentang agar juga tak membuat anda gemuk.
  • Hindari tidur yang berdekatan dengan jam tidur utama anda, seperti tidur disore hari. Ini akan membuat anda sulit tertidur di jam tidur utama anda dan akan berpengaruh pada jam bangun tidur anda.
  • Jangan sering bergadang, bergadang akan membuat tubuh anda akan sulit tertidur ketika anda akan menghentikan kebiasaaan ini, lantaran tubuh anda sudah terbiasa tidur larut malam. Serta usahakan agar anda tidur pada jam yang sama setiap malam karena akan membuat jam bangun tidur anda juga teratur.
  • Buang semua beban pikiran anda, kebanyakan orang tidak bisa tidur karena memiliki suatu masalah yang terus ia pikirkan. Maka, buanglah jauh-jauh masalah anda ketika tidur agar bisa tidur dengan nyaman.
  • Tidurlah dalam tempat yang nyaman, aturlah tempat tidur senyaman mungkin menurut anda seperti dengan lampu yang temaram atau kalau perlu matikan lampu.
  • Berolahraga, ternyata berolahraga dapat membuat anda tertidur lebih cepat dibandingkan orang yang tak berolahraga. Anda dapat memulainya dari olahraga kecil seperti senam, push-up atau hal lainnya. Tapi ingat, jangan berolahraga sebelum tidur.
  • Membaca buku atau mendengarkan musik, kegiatan tersebut dapat membuat anda tertidur karena akan membuat mata atau pikiran anda lelah dan tanpa tersadar anda sudah tertidur. Untuk bahan bacaan, anda dapat membaca dari hal yang paling anda sukai seperti cerpen ataupun novel sedangkan untuk musik anda dapat mendengarka musik yang menurut anda paling nyaman untuk didengarkan seperti musik klasik.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SuratMerpati™ - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger